Cari Tentang Sultan Mehmet II

Cobaan Ketika Menaklukan Konstantinopel



Setelah 6 jam, suara-suara teriakan perlahan menjadi desahan pelan dan masyat-mayat bergelimpangan, tentara Utsmani kalah. Kekalahan ini tentu menjadi pukulan berat bagi pasukan Muslim juga Sultan Mehmed II, mereka kehilangan 18000 tentara pada saat itu. Langkah mereka gontai karena kelelahan, namun yang paling menakutkan dari kekalahan ini adalah kerugian moril yang besar dan sangat berbahaya. Begitupun yang menimpa armada laut Utsmani, nampaknya situasi laut tidak berpihak pada mereka. 

Teriakan gembira dan harapan menyelimuti penduduk Konstantinopel setelah kekalahan yang menimpa pasukan Utsmani. Sementara bagi pihak Utsmani kekalahan ini menjadi pukulan berat, dipermalukan 2 kali selama sepekan. Namun, Sultan Mehmed II justru menjawab kekalahan ini dengan taktik yang jauh lebih berani. Saat penduduk Konstantinopel sedang menikmati euphoria kemenangan di Teluk tanduk emas yang dilindungi oleh rantai raksasa, pasukan Utsmani kembali menyerang mereka dengan peluru-peluru meriam. Pertarungan kembali terjadi di antara kedua pihak. 

Namun sekali lagi, Allah swt belum memberikan kemenangan yang telah dijanjikan pada Sultan Mehmed. Sultan Mehmed “terpaku, tak berucap sepatah kata pun ia berbalik lalu meninggalkan lautan dengan kudanya” dengan penuh kegalauan dan kegetiran. Kembali, penduduk Konstantinopel berbahagia atas keberuntungan yang masih menyelimuti kota mereka. Euphoria pun berlangsung dengan sangat meriah di Kota Konstantinopel. Namun di pihak Utsmani, hal ini bagaikan ledakan yang tak tertahan, kritik dan protes datang kepada Sultan




Share your views...

0 Respones to "Cobaan Ketika Menaklukan Konstantinopel"

Post a Comment

 

© 2010 Sultan Mehmet II All Rights Reserved Sultan Mehmet II Converted into Blogger Template by Sultan Mehmet II