Cari Tentang Sultan Mehmet II

Cara Kerja Sultan Mehmet Yang Luarbiasa hebatnya



Pada pertengahan bulan Mei 1453, hamper semua teknik peperangan telah dicoba oleh Sultan Mehmed, berikut beberapa strategi yang telah dilakukan. Bombardier artileri, serangan umum dengan tangga, panah tombak dan pedang, bahkan mengangkat 72 kapal dan memblokade bantuan, sekarang cara penyerangan akan ditambah lagi melalui penggalian terowongan bawah tanah. Belum hilang kekagetan pasukan bertahan menghadapi serangan bawah tanah, pada 18 Mei 1453 pagi hari, pasukan bertahan menghadapi hari baru dengan penuh kengerian dan pandangan tidak percaya. Di hadapan mereka, di tengah-tengah tenda-tenda Utsmani yang menghampar luas, entah darimana muncul satu menara menjulang tinggi sedang mendekati mereka. 

Menara itu terbuat dari kayu, lebih tinggi dari menara Konstantinopel. Sultan Mehmed kembali menunjukkan pekerjaan yang menjadi ciri khasnya; penuh kerahasiaan dengan kecepatan dan skala besar. Pada 22 mei 1453, saat itu pengepungan Konstantinopel telah berlangsung selama 47 hari dan kedua pihak mengalami kelelahan yang luar biasa. Hal yang menjadi salah satu kelemahan dari pihak Kristen adalah percayanya mereka pada takhayul dan mitos-mitos sehingga lengkaplah penyakit pemikiran masyarakat Kristen Byzantium. Panen gagal, asap tebal, hujan yang turun berhari-hari, kilat di langit, mimpi anak kecil bahwa Malaikat telah meninggalkan kota, patung perawan Maria yang menangis mengeluarkan darah, penampakan roh perawan Maria di tembok kota dan sebagainya termasuk anggapan yang muncul bahwa Konstantinopel akan bangun dan jatuh oleh yang bernama sama dan menmpunyai nama ibu yang sama. 

Sialnya, Kaisar Constantine The Great dan Constantine Palaiologos XI sama-sama memiliki ibu bernama Helen. Mitos-mitos ini menambah ketakutan pihak Konstantinopel dan meyakini bahwa sebentar lagi kota mereka akan ditaklukkan. Selasa, 29 mei 1453. Kala itu langit masih gelap dan pengepungan yang dilakukan pasukan Utsmani sudah memasuki hari ke 54. Saat itu masih pukul 01.00 dini hari, namun tirai panggung penaklukkan mulai terbuka. Satu demi satu actor mulai berdatangan, siap memainkan skenario Tuhan pencipta semesta alam dalam kisah penaklukkan yang selalu akan diingat sepanjang masa. Panik yang nyata melanda kota, semua penduduk sipil menyelamatkan dirinya masuk ke dalam gereja.




Share your views...

0 Respones to "Cara Kerja Sultan Mehmet Yang Luarbiasa hebatnya"

Post a Comment

 

© 2010 Sultan Mehmet II All Rights Reserved Sultan Mehmet II Converted into Blogger Template by Sultan Mehmet II